Tak banyak kedai kopi di Batam yang menonjolkan unsur seni. Kedai baru, http://www.BisaNgopi.com melakukan terobosan dengan menggandeng para fotografer.

Sepintas tampilan kedai kopi http://www.BisaNgopi.com di ruko Gajah Mada Square Tiban tak beda dengan kedai kopi lain yang tersebar di Batam. Sembilan meja persegi panjang dan empat meja bundar mengisi kedai. Dindingnya dicat coklat muda.

Konter kasir berdiri di tengah, dilapisi kertas dinding coklat gelap bermotif kayu. Agak ke belakang, ada dapur yang terbuka, terlihat seorang pekerja yang sedang membuat minuman.

Yang membuatnya berbeda adalah pajangan karya foto di dinding bagian atas kedai. Ada 38 foto berbingkai hitam yang dipajang mengelilingi kedai tersebut.

Jarang ada pengelola kedai kopi yang menampilkan unsur seni di kedainya. Tapi hal itu yang ingin ditampilkan oleh BisaNgopi.

“Ide ini dari seorang fotografer senior di Batam. Dia menyarankan untuk membuat kedai kope dengan konsep yang berbeda. Karena dia fotografer dan saya penikmat gambar, maka kami bentuk konsep kedai yang memajang banyak foto,” kata pengelola BisaNgopi, Yudi, Rabu (17/1).

Foto-foto yang dipajang merupakan anggota komunitas fotografi Kepri Foto. Meski memajang 38 foto, Yudi mengaku ada lebih dari 50 foto dari sekitar 2 fotografer yang bakal dipajang di kedai tersebut. Kebanyakan karya yang dipajang adalah citra hewan dan pemandangan yang penuh dengan warna-warna cerah. Beberapa foto manusia dengan warna hitam puti memberikan hiburan lain yang menemani pengunjung saat menyeruput kopi atau menikmati menu lainnya.

Fotografer yang memajang karyanya pun bukan sembarang fotografer. Beberapa sudah memenangkan kompetisi fotografi internasional. Satu di antaranya adalah Shikhei Goh, pemenang utama dalam kontes fotografi National Geographic 2011. Nama-nama lain yang turut memajang antara lain Uda Dennie, Ricky Firmansyah, Andreas Mensah, Arief Wardhana.

Yudi mengatakan, BisaNgopi juga menjadi lokasi para fotografer berdiskusi tentang fotografi. Itu dimulai sejak soft opening pada 10 Januari 2013. Setiap sore beberapa fotografer berkumpul. “Orang diluar komunitas tapi menggemari fotografi yang datang kemari bisa ikut belajar pada dalam diskusi fotografi itu,” kata Yudi.

Untuk menekankan citra BisaNgopi sebagai kedanya para fotografer, kedai ini juga mengadakan lomba fotografi bertema “BisaNgopi”. Tema itu, kata Yudi, berhubungan dengan segala hal tentang kopi. “Karya peserta lomba akan dinilai oleh Gathot Subroto atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gathoe,” ujar Yudi.

Pengumuman pemenang akan berlangsung saat Grand Opening http://www.BisaNgopi.com pada 16 Februari 2013. Total hadiah dalam acara ajang itu sebesar Rp 10 juta dan sejumlah voucher.

Unit usaha Bisa Group

BisaNgopi merupakan salah satu unit usaha Bisa Group. Di dalam grup itu bernaung juga usaha Bisa Travel, Bisa Laundry, dan warnet Obvious. Yudi menjelaskan nama http://www.BisaNgopi.com yang terpajang di depan kedai tersebut menggambarkan era keterbukaan.

Selain nama yang terpampang di depan kedai, http://www.BisaNgopi.com juga alamat situs kedai tersebut. Berbagai informasi tentang kedai BisaNgopi, kopi, dan fotografi ada di situs itu.

Khusus foto, situs itu juga menjadi tempat jual beli foto yang dipajang di kedai BisaNgopi. Selain lewat situs, penjualan juga dilakukan langsung di kedai. “Jika ada yang tertarik, foto-foto itu memang dijual untuk umum. Sudah ada beberapa yang terjual, tapi penyerahan baru dilakukan mulai Grand Opening,” kata

Yang namanya kedai kopi, aneka menu makanan dan minuman tak bisa ditinggalkan. Kopi O, yang sudah diminati oleh warga Batam dan Kepri, menjadi menu utama di kedai ini. “Di BisaNgopi, kami meracik ramuan kopi dengan cara sederhana. Karena, meramu kopi secara berlebihan justru menghilangkan nikmat aroma kopi,” ujar Yudi.

Pengunjung yang tak senang kopi, bisa menikmati aneka minuman kemasan, baik yang bersoda maupun yang tidak.

Satu lagi yang ingin ditonjolkan di BisaNgopi adalah jajanan pasarnya. Aneka panganan antara lain lemper, naga sari, sus karamel, pai buah, risol, dadar gulung, bolu mekar, dan onde-onde akan menemani pengunjung sambil menikmati kopi atau aneka minuman lainnya. ***

Iklan