Saya mendapat penugasan ke Tanjungpinang, awal minggu lalu. Sebagai wartawan di divisi majalah online Batam Pos, peluang melakukan perjalanan keluar Batam nyaris tertutup. Makanya, saya menikmati perjalanan kali ini, meski Tanjungpinang hanya setarikan mesin feri dari Batam.

Untuk perjalanan itu, saya membawa dua kamera. Pertama Ricoh GRD iii, dan kedua adalah Nikon D90 dengan lensa 50 mm. Hasilnya, saya memotret menggunakan GRD iii dan hanya dua frame untuk D90. Terkadang selalu muncul pikiran apakah saya bakal menjual D90 dan dua lensanya ketimbang berjamur di kontrakanku yang lembab dan pengap.

Memotret jalanan hari itu hanya saya lakukan di dua area. Pertama di Pulau Penyengat, kedua di area sekitar Dermaga. Untuk sehari, ku pikir banyak momen dan cerita yang belum bisa direkam oleh kameraku.

Karena saya hanya seorang amatir, saya membuat beberapa gambar yang kebanyakan snapshot. Dan karena saya memotret untuk diri saya sendiri, saya melakukannya dengan gembira. Ya, melihat ke layar LCD atau viewfinder dan memencet tombol rana memang memberikan kenikmatan tersendiri.

 

(Semua gambar diambil mengunakan Ricoh GRD iii dan dikonversi ke hitam putih menggunakan preset illford delta di Lightroom)

Turis Katrok - Tanjungpinang-8 Turis Katrok - Tanjungpinang-9 Turis Katrok - Tanjungpinang-5 Turis Katrok - Tanjungpinang-1 Turis Katrok - Tanjungpinang-4

 

Selain dikenal dengan masjd Sultan Riau yang konon direkatkan dengan putih telur, Pulau Penyengat terkenal dengan makam Yang Dipertuan Muda Kerajaan Riau-Lingga.

Turis Katrok - Tanjungpinang-2 Turis Katrok - Tanjungpinang-7 Turis Katrok - Tanjungpinang-6

 

Saat menyeberang dari Penyengat ke Tanjungpinang, saya sadar kalau saya satu-satunya pria di dalam pompong berisi belasan orang… Saya ditambah si pengemudi pompong.

Turis Katrok - Tanjungpinang-10 Turis Katrok - Tanjungpinang-11

 

Satu yang saya suka dari Tanjungpinang, khususnya di daerah sekitar pelabuhan adalah arsitektur ruko-rukonya yang klasik. Beberapa tampak seperti Savoy Homan di Bandung.

Turis Katrok - Tanjungpinang-13 Turis Katrok - Tanjungpinang-14 Turis Katrok - Tanjungpinang-19 Turis Katrok - Tanjungpinang-26 Turis Katrok - Tanjungpinang-23 Turis Katrok - Tanjungpinang-28 Turis Katrok - Tanjungpinang-30 Turis Katrok - Tanjungpinang-12 Turis Katrok - Tanjungpinang-32

 

Tak lupa, ada sejumlah gambar blur yang menarik dan berbagai aktivitas warga di sore hari.

Turis Katrok - Tanjungpinang-16 Turis Katrok - Tanjungpinang-17 Turis Katrok - Tanjungpinang-22 Turis Katrok - Tanjungpinang-25 Turis Katrok - Tanjungpinang-24 Turis Katrok - Tanjungpinang-27 Turis Katrok - Tanjungpinang-29 Turis Katrok - Tanjungpinang-31 Turis Katrok - Tanjungpinang-18

 

Terima kasih sudah berkunjung..

Iklan