tennis-1563723_640

Minggu ini saya memulai proyek khusus. Proyek itu berupa donasi gambar secara gratis dengan lisensi creative commons.

Saya memilih situs Unsplash dan Pixabay sebagai tempat donasi gambar. Sebenarnya saya juga bisa menggunakan flickr,  namun saya memilih dua situs itu karena keduanya murni hanya lisensi CC sementara di flickr kita masih bisa menyematkan hak cipta atau copyright.

Lisensi CC di dua situs itu merupakan jenis CC0 di mana pengguna gambar bisa menggunakan gambar saya,  termasuk untuk tujuan komersial, tanpa bayaran dan tak harus memberikan atribusi.

Alasan saya melakukan itu karena sebagai blogger, saya sering menemukan gambar bagus secara gratis di dua situs itu. Saya ingin membalas bantuan itu dengan donasi pada kedua situs tersebut.

Sebagai Blogger kere, saya tidak punya uang  untuk membeli gambar yang akan dipajang di blog ini. Saya ridak juga tidak ingin bermasalah dengan hak cipta karena asal comot kecuali memang ada file khusus untuk social media swperti yang disediakan Magnum dan Shoot Tokyo.

Sebenarnya ada fasilitas embed dari getty images namun kita tidak bisa mengontrol gambar itu misalnya besar gambar dan menghilangkan watermark dan fasilifas share media sosialnya.

Alasan lain lebih pada urusan bisnis. Saya ingin orang melihat portofolio saya yang saya donasikab secara gratis. Saya mendapati view gambar saya di kedua situs itu cukup tinggi. Frekeluensi hariannya lebih besar ketimbang portofolioku di flickr atau di stok foto.

Ya, saya berharap view itu bisa mengantar lebih banyak pengunjung ke blog ini. Karena saya menggunakan platform wordpress.com yang tidak bisa memasang iklan, tentu saya berharap ada yg melihat beberapa bisnis dan referal yang ada di blog ini. 🙂

Saya ingin mencoba model ini. Seperti sistem dagang Try Free 5GB di akun  Lightrocket, untuk paket selanjutnya berbayar. Pasalnya saya tetap memasukkan gambar hasil editing (seleksi) terbaik ke stok foto Alamy setelah itu mikrostok. Lisensi CC adalah prioritas ketiga dan jumlahnya tidak sebanyak gambar di atas.

Memang sebagai orang yang berusaha mencari uang dengan stok foto, pilihan mendonasikan gambar adalah hal yang aneh. Namun sistem free images sudah lama diterapkan oleh situs-situs mikrostok seperti Dreamstime dan Depositphotos. Fotografer di situs itu mendonasikan gambar gratis untuk mendapatkan ekspos besar pada karyanya.

Saya tidak tahu, apakah keputusan ini nantinya akan memberikan ekspos terhadap karya-karya saya. Namun, selain kepuasan mendapatkan uang dari gambar, saya pikir ada kebahagiaan jika gambar-gambar saya, walaupun dalam persentase kecil, berguna bagi mereka yang menggunakannya.

Iklan