Siapa bilang bekerja di rumah selalu menyenangkan?

11 Keuntungan Bekerja Di Coworking Space

(Artikel ini disponsori oleh Regus Makassar)

Satu setengah tahun terakhir saya menjalani karir sebagai penulis konten. Di pekerjaan ini, saya menulis aneka konten untuk situs web beberapa klien.

Selama itu saya bekerja di rumah. Ya, rumah memang menjadi kantor utama saya, meski sebenarnya saya bisa mengerjakan pekerjaan itu dari tempat lain seperti kafe atau kedai.

Namun, saya memilih bekerja di rumah. Suasananya tidak ramai, dan saya tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan dan minuman.

Banyak pekerja kantoran yang berangan-angan ingin bekerja dari rumah. Mereka ingin selalu dekat dengan keluarga, ingin menentukan jam kerja sendiri, dan tidak terjebak macet serta atasan yang sering tidak puas dengan pekerjaan anda.

Namun, saya beritahu satu rahasia sebelum anda memutuskan resign dan memilih kerja dirumah: Bekerja di rumah punya sisi gelap.

Sisi gelap pertama adalah karena anda berada di rumah, keluarga akan menganggqap anda tidak bekerja. Maka anda akan sering mendapat permintaan untuk membantu pekerjaan rumah tangga. Belum lagi anak-anak yang meminta perhatian ditengah deadline pekerjaan yang harus anda selesaikan.

Sisi gelap kedua adalah anda kesulitan membangun mood bekerja. Anda akan mendapati suasana yang kontras antara bekerja di kantor dan di rumah.

Ketika anda bekerja di rumah, anda sendiri dan tidak akan menemukan dinamika seperti saat bekerja di dalam tim. Sementara dikantor, mood bekerja anda lebih terpompa karena didukung situasi yang tercipta di lingkungan tersebut.

Saya berusaha membangun mood itu dengan mengatur jam kerja serta berpakaian layaknya ketika saya masih bekerja sebagai wartawan lebih dari setahun yang lalu.

Kadang usaha itu membantu, namun lebih sering saya memerlukan upaya lebih untuk membangun mood itu. Salah satunya dengan menyediakan hari untuk bekerja dengan suasana kantor.

Saya sempat mencari layanan sewa kantor yang ada di Makassar. Namun yang saya temukan lebih banyak tawaran rumah atau ruko sewa.

Secara finansial, dalam posisi sedang membangung usaha jasa penulisan, saya tidak bisa menyewa rumah atau toko. Apalagi saya tidak menggunakannya sepanjang waktu, hanya pada hari tertentu.

Di samping itu, biaya lain yang harus saya pertimbangkan adalah perabotan, fasilitas internet, dan kebersihan. Pengeluaran saya pasti membengkak.

Sampai di satu titik pencarian saya menemukan layanan penyewaan kantor dan saya menemukan Regus Makassar. Perusahaan ini merupakan bagian dari jaringan kantor-kantor Regus di 22 lokasi di Indonesia dan 3000 lokasi di seluruh dunia.

Regus menggunakan system coworking space di mana dalam satu ruangan, dapat terdiri dari beberapa perusahaan. Perusahaan yang membuka cabang di Makassar namun tak memiliki banyak karyawan juga dapat menyewa ruangan di Regus.

Akhir bulan lalu saya datang dan mulai menggunakan layanan regus. Saya memakai satu meja yang dalam sebuah ruangan dengan seoran pekerja dari sebuah perusahaan. Setelah tiga minggu menggunakan layanan di Regus Makassar, berikut keuntungan yang saya catat :

1. Bayar sewa sesuai kebutuhan

Salah satu ruangan di Regus Makassar (Yermia Riezky)
Salah satu ruangan di Regus Makassar (Yermia Riezky)

Salah satu alasan menyewa coworking space adalah harganya lebih masuk akal ketimbang menyewa ruko atau rumah. Di coworking space, biaya yang anda keluarkan akan sesuai dengan kebutuhan, apakah anda menyewa satu ruangan penuh, tiga meja, atau hanya satu meja.

Jadi, jika anda hanya membutuhkan satu meja, anda tidak perlu menyewa satu ruangan. Cukup satu meja saja.

Hal ini tidak bisa anda lakukan jika menyewa atau menyicil ruko. Biaya yang anda keluarkan akan sama meski anda bekerja sendiri maupun tim.

2. Menyediakan fasilitas pendukung seperti perabotan, dapur, cleaner, keamanan, hingga parkir

regus-makassar-9

Ketika seseorang yang menyewa coworking space, kerap muncul pertanyaan dari rekannya, “mengapa tidak menyewa ruko saja?”

Atau, ada yang bahkan mengusulkan, “uang sebanyak itu sudah bisa untuk cicil ruko.”

Hal yang tidak dipikirkan adalah tidak semua pengguna coworking adalah perusahaan mapan. Ada yang baru membangun atau startup, ada pula yang hanya berdinas atau menjalankan proyek untuk sementara. Selain itu, banyak pengguna juga mempertimbangkan uang muka jika harus membeli ruko atau rumah.

Hal lain adalah saat menyewa atau membeli rumah, fasilitas lain belum termasuk dalam biaya. Sedangkan di coworking space, fasilitas itu tersedia.

Di Regus Makassar, misalnya sudah menyediakan fasilitas perabotan, dapur, petugas kebersihan, AC, pendingin udara, keamanan, hingga parkir. Belum lagi mengurus hal lain seperti pajak, tagihan listrik, dan air.

Anda penggemar kopi? Regus punya sebuah mesin kopi yang dapat menghasilkan espresso, black coffee, cappuncino, dan café latte hanya dengan sekali sentuh.

Terbayang kan, jika berkantor di coworking space, anda tidak perlu memikirkan hal-hal seperti itu dan cukup fokus dengan pekerjaan.

3. Akses internet cepat dan tanpa macet

regus-makassar-10

Internet kini menjadi fasilitas utama dalam pekerjaan. Para pekerja lepas (freelance), pekerja yang sedang dinas, atau kantor cabang sangat membutuhkan akses internet prima untuk menunjang pekerjaan.

Salah satu keunggulan dari coworking space adalah mempersiapkan fasilitas internet kecepatan tinggi untuk mendukung pekerjaan konsumennya. Dengan fasilitas ini, klien dapat melakukan koordinasi atau mengirimkan pekerjaan tanpa perlu memikirkan kapasitas jaringan atau biaya.

Jika anda menyewa ruko sendiri, anda tentu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengadakan fasilitas seperti ini.

4. Community event untuk klien

regus-makassar-a-2

Manajemen coworking space kerap melakukan acara yang mengundang seluruh klien atau community event. Dalam acara itu, ada materi-materi baru dalam dunia kerja yang dapat dipelajari oleh seluruh pekerja yang hadir.

Acara itu dapat menjadi ajang sosialisasi para pekerja selain mendapatkan hal baru dari materi-materi yang disampaikan manajemen coworking space. Di samping itu, waktu bebas akan menjadi kesempatan untuk bertukar wawasan dengan profesional dari bidang lainnya.

Regus mengadakan pertemuan seperti ini sekali sebulan. Pertemuan berlangsung cair dengan aneka snack dan bingkisan.

5. Bertemu dengan orang-orang dengan pola pikir sama

regus-makassar-a-3

Salah satu tantangan sebagai pekerja freelance atau dalam pekerjaan dinas adalah kesendirian. Anda harus mengerjakan pekerjaan sendiri dan jarang terlibat dalam diskusi-diskusi dengan para profesional.

Di coworking space, anda punya kesempatan untuk bersosialisasi dengan pekerja lainnya. Baik itu yang bekerja di ruangan yang sama, atau saat ngopi bareng di dapur coworking space.

Sosialisasi juga berlangsung di acara community event. Regus Makassar misalnya, mengumpulkan kliennya sekali dalam sebulan dalam sebuah acara tertentu terkait pekerjaan.

Saat-saat seperti itu menjadi kesempatan untuk ngobrol, bertukar pikiran, hingga menggali inspirasi dari pekerja di bidang lainnya.

6. Membangun jaringan dengan pekerja dari perusahaan lain

regus-makassar-1

Berkumpulnya para pekerja dari bisnis yang berbeda dalam satu wadah coworking space tak hanya berguna untuk sosialisasi. Terbuka peluang mereka membangun jaringan bisnis jika ada kecocokan antar perusahaan.

Tak menutup kemungkinan para pekerja lepas mendapatkan klien baru yang berkantor di sebuah coworking space. Para startup juga memiliki peluang untuk menawarkan ide mereka ke perusahaan yang berkantor di tempat yang sama.

7. Virtual office bikin citra perusahaan anda makin prestisius

Gedung Graha Pena Makassar di Jalan Urip Sumoharjo.

Sejumlah coworking space menawarkan layanan virtual office. Anda yang tidak ingin menyewa ruang namun membutuhkan alamat kantor resmi dapat mengambil layanan ini.

Dengan menggunakan alamat virtual office, anda memberikan citra dan reputasi pada perusahaan dengan alamat di gedung-gedung prestisius yang terletak di kawasan bisnis kota.

Layanan virtual office akan melayani kebutuhan panggilan telepon maupun surat masuk anda. Anda juga mendapatkan nomer telepon khusus yang tersemat pada alamat terdaftar anda.

8. Memiliki resepsionis yang dapat menerima dan menyambungkan telepon

regus-makassar-12

Jika anda mengambil layanan virtual office yang dilengkapi dengan penjawab telepon, maka resepsionis di coworking space akan membantu melayani panggilan masuk untuk anda.

Di Regus Makassar, semua telepon yang ditujukan ke kantor anda akan diterima lebih dulu oleh petugas resepsionis. Resepsionis kemudian menyambungkan ke telepon seluler anda, di manapun anda berada.

Anda berhak menentukan apakah ingin menerima telepon atau tidak. Jika ingin, maka petugas akan menyambungkan anda, namun jika tidak, maka resepsionis akan menjelaskan kepada pemanggil bahwa anda belum bisa menerima telepon.

9. Menggunakan jaringan kantor di seluruh Indonesia

regus-makassar-18

Jika coworking space yang anda gunakan adalah sebuah jaringan nasional atau internasional, anda mendapatkan keuntungan dengan memakai fasilitasnya di lokasi manapun.

Konsumen Regus dapat menggunakan fasilitas lounge di seluruh kantor Regus di 22 lokasi di Indonesia. Jadi, jika anda terdaftar sebagai klien Regus Makassar, jika anda tengah dalam pekerjaan di Jakarta, Bandung, Balikpapan, Bali, Medan, atau Surabaya dan membutuhkan suasana tenang maupun akses internet prima untuk bekerja, anda bisa datang ke kantor-kantor Regus. Anda bisa menggunakan lounge di kantor-kantor Regus di kota itu untuk bekerja.

Bahkan, jika pekerjaan anda mengharuskan anda melakukan perjalanan lintas negara, anda dapat menikmati fasilitas jaringan Regus yang tersedia di 3000 lokasi di seluruh dunia.

10. Suasana pribadi sesuai kebutuhan

regus-makassar-4

Konsentrasi merupakan kebutuhan lain yang anda butuhkan saat bekerja. Salah satu keuntungan bekerja di kantor adalah anda dapat menjaga konsentrasi dan suasana terutama saat tuntutan pekerjaan sedang tinggi-tingginya.

Kebutuhan ini kerap sulit didapat ketika bekerja di rumah. Jika anda memilih bekerja di kafe, suasana kerap tidak membantu karena di lokasi itu banyak orang yang berbicara atau hilir mudik.

Di coworking space anda bisa mendapatkan situasi itu. Dengan lingkungan yang fokus bekerja, anda ikut terpacu untuk bekerja maksimal tanpa gangguan.

Jika anda menyewa beberapa meja atau satu ruangan, anda bisa menerapkan sistem adminsitrasi kantor seperti sistem satu pintu.

Fleksibilitas merupakan salah satu keuntungan menggunakan coworking space seperti Regus. Anda dapat menyewa kantor hanya pada periode proyek, sehingga setelah pekerjaan selesai, anda tidak perlu terikat dengan situasi kantor.

11. Sesuai untuk startup maupun perusahaan mapan

regus-makassar-7

Coworking space cocok untuk berbagai tipe perusahaan. Mulai dari pekerja freelance, startup, hingga perusahaan mapan yang membuka cabang atau menjalankan proyek dengan dengan pekerja yang sedikit.

Di Regus Makassar, ruang dan suasana kantor sudah bisa didapat dengan biaya mulai dari Rp 250.000 perbulan. Jika kebutuhan anda akan ruang kerja semakin besar, anda dapat menyewa berbagai varian ruang yang disediakan Regus.

Selain banyak pilihan ruang, anda juga dapat menentukan tipe penggunaan. Apakah anda akan menggunakan ruang selama penuh waktu (satu bulan – satu tahun), paruh waktu (paket 5 hari atau paket 10 hari), atau anda dapat membayar sesuai dengan penggunaan.

Di Makassar, Regus menyediakan layanan dengan 11 keuntungan di atas. Jika anda tertarik dengan layanan coworking space Regus Makassar, anda bisa datang ke Graha Pena Lantai 5, Jalan Urip Sumoharjo No.20 atau menelepon ke (0411) 366 2100. Anda juga bisa menghubungi email hazanah.dewi@regus.com .

 

Iklan