bertumbuh-bersama-regus

Geliat ekonomi di Kota Makassar dan Kawasan Timur Indonesia turut mendorong peningkatan kebutuhan akan ruang kantor. Regus menawarkan solusi yang efisien dan terjangkau.

(Artikel ini disponsori oleh Regus Makassar)

Pada pertengahan tahun 2015 Andi Rahmat ingin mengembangkan usahanya. Ia merasa membutuhkan kantor agar bisa fokus bekerja dan melayani segala hal yang berkaitan dengan usahanya di bidang teknologi informasi.

Andi adalah pendiri Boegis Media, sebuah perusahaan teknologi informasi yang fokus pada pembangunan sistem informasi. Sejak mengawali usahanya pada 2011, ia bekerja dari rumah. Namun di akhir 2014 ia mulai berpikir untuk mencari kantor yang terpisah dari rumah keluarganya.

Ia kemudian intens mencari iklan sewa kantor yang bertebaran di internet. Andi melihat banyak iklan yang menyewakan ruko yang dapat digunakan sebagai kantor. Namun dia merasa ruko masih kurang pas untuk usahanya.

Saat itu ia hanya bekerja sendiri, belum memiliki karyawan. Jadi, menyewa ruko terlalu besar dan akan membebani usahanya.

Bulan Mei 2015 ia menemukan titik terang. Salah satu jaringan penyewaan kantor dan coworking space Regus membuka cabangnya di Makassar.

“Sebelumya saya sudah tahu soal Regus, namun waktu itu cabangnya belum ada di Makassar. Waktu saya cari lagi bulan Mei tahun lalu (2015) Regus sudah ada di Makassar dan saya tertarik dengan layanannya,” kata Andi kepada saya di awal bulan Desember 2016.

Tidak menungu lama, Andi kemudian menemui General Manager Regus Makassar Hazanah Dewi di gedung Graha Pena Makassar. Andi mengungkapkan kebutuhannya terkait ruang kantor. Setelah ia mendengar penjelasan dari Dewi, Andi pun setuju untuk menyewa satu meja di ruang coworking space Regus.

Ia tidak menunggu lama, dan ingin menggunakan ruangannya hari itu juga. Keinginan itu terwujud karena Regus Makassar bisa menyelesaikan proses administrasi hari itu juga.

Satu setengah tahun berlalu, Andi kini tidak bekerja sendiri. Ia merekrut tiga karyawan dan kini Boegis Media menempati satu ruang khusus berkapasitas empat meja di Regus.

Pertumbuhan kantor

Geliat ekonomi di Makassar melahirkan banyak pengusaha lokal dan pengembang startup. Pertumbuhan ekonomi itu juga menarik banyak perusahaan asal Jakarta yang datang membuka cabang di Makassar.

Hal tersebut juga mendongkrak kebutuhan kantor. Di banyak sudut kota Makassar, pembangunan gedung maupun ruko berlangsung ramai. Baik di gedung maupun ruko yang baru dibangun akan menyediakan banyak ruang yang nantinya akan berfungsi sebagai kantor.

Kantor memang tidak harus dimiliki. Banyak perusahaan memilih untuk menyewa ruang-ruang di gedung atau menyewa ruko sebagai kantor mereka.

Namun, bagaimana dengan pengusaha pemula yang baru merintis atau pemilik startup yang tengah giat mengembangkan ide-idenya? Menyewa ruang di gedung atau menyewa ruko tentu terlalu mahal untuk mereka.

Mungkin saja ada dari mereka yang punya kemampuan untuk menyewa ruko atau kantor, namun yang harus diingat yang mereka sewa hanya bangunan atau ruang kosong semata.

Hal itu yang muncul di benak Andi ketika memutuskan menyewa satu meja di Regus. Beberapa teman sempat mempertanyakan keputusannya. Pertanyaan itu terus muncul terutama ketika setahun kemudian timnya berkembang menjadi empat orang.

“Banyak teman saya yang bertanya, mengapa tidak sewa ruko saja. Lainnya bahkan bilang, ‘uang seperti itu sudah bisa cicil rumah’,” ujar Andi.

Ia mengungkapkan, hal itu juga terpikir dalam benaknya. Namun ada pertimbangan utama yang menentukan pilihan Andi.

“Jika menyewa atau menyicil ruko beban pengeluaran saya akan sama, baik saya bekerja hanya sendiri, maupun empat orang,” ujar Andi. “Belum lagi dipikirkan bagaimana saya mendapatkan uang muka ruko.”

Andi juga mempertimbangkan fasilitas lainnya. Jika menyewa ruko, ia mendapat gedung dengan ruang kosong. “Tidak ada AC, internet, resepsionis, atau office boy,” tambah Andi.

Hal itu yang membuat ia betah di Regus Makassar. Selain karena fasilitasnya, Andi juga bisa menyesuaikan biaya sewa jika ia mengurangi atau menambah stafnya.

Situasi yang sama juga berlaku untuk perusahaan-perusahaan yang ingin membuka cabang di Makassar. Jika mereka hanya memiliki beberapa staf untuk pemasaran atau administrasi, menyewa ruko atau kantor akan membebani operasional perusahaan.

General Manager Regus Makassar Hazahah Dewi bercerita, ada seseorang yang pernah bertanya soal sewa kantor di Regus. Setelah berdiskusi, orang tersebut memutuskan untuk menyewa rumah untuk kantor.

Rumah itu disewa selama dua tahun. Namun belum sampai satu tahun perusahaan induk memutuskan untuk melakukan pengurangan staf termasuk di Makassar.

Penurunan staf membuat rumah yang mereka tempati sebagai kantor terlalu besar dan membebani biaya operasional.

“Di Regus, ketika perusahaan menambah atau mengurangi karyawannya, mereka bisa menyesuaikan biaya sewanya karena bisa dibayar per bulan,” kata Dewi kepada saya pada pertengahan bulan Desember. “Jadi jika ada penyesuaian, apakah berkurang atau bertambah, perusahaan bisa menyesuaikan dengan mudah.”

Solusi produk bagi pengusaha

Kehadiran Regus di Makassar bisa menjadi solusi bagi pengusaha maupun pekerja lepas (freelance) yang ingin fokus bekerja tanpa perlu menggelontorkan dana besar untuk investasi kantor.

Layanan Regus sudah bisa didapat mulai Rp 250 ribu. Layanan tersebut merupakan paket Membership di mana penyewa dapat menggunakan longue Regus Makassar.

Bagi para pekerja lepas, itu harga yang terjangkau. Terutama jika dibandingkan dengan kebiasaan mereka bekerja di kedai atau kafe.

Jika rata-rata pengeluaran minimal saat kerja di kafe sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000, dalam 10 hari kerja saja seorang pekerja lepas sudah mengeluarkan antara Rp 200 ribu – Rp 400 ribu. Sementara di Regus, pekerja hanya membayar Rp 250 ribu untuk bekerja selama 22 hari sebulan, Senin sampai Jumat setiap minggunya. “Itu sudah gratis kopi dan teh,” ujar Dewi.

Tambahan lain dari layanan Membership adalah pemilik paket ini bisa menggunakan longue di 22 cabang Regus di seluruh Indonesia. “Jadi pekerja yang sering traveling atau traveler yang gemar menulis bisa datang menggunakan longue di cabang Regus di Indonesia,” kata Dewi.

Selain Membership, Regus Makassar juga menyediakan layanan Virtual Office di mana perusahaan mendapatkan alamat surat dan nomer telepon. Selain berfungsi sebagai alamat surat menyurat dan mendapat layanan terima dan sambung telepon oleh resepsionis, Virtual Office juga memiliki manfaat untuk menaikkan citra perusahaan.

Bagi kalangan bisnis di Makassar, memiliki perusahaan yang beralamat di Jalan Urip Sumoharjo adalah sebuah prestise. Dengan menggunakan alamat di Graha Pena Lantai 5 Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, maka sebuah perusahaan memiliki kehormatan di antara kalangan bisnis.

Layanan terakhir yang disediakan Regus adalah sewa kantor fisik. Produknya berupa Coworking, Internal Office, Window Office, dan Best View Office. Dapat dikatakan produk ini merupakan bisnis utama Regus.

Perusahaan yang berkantor di Regus hanya mengurusi pembayaran sewa. Mereka tidak perlu memikirkan infrastruktur lain seperti keamanan, kebersihan, penyejuk udara, pengaturan kantor, listrik, air, hingga internet.

“Kami yang mengurus segala pendukung kantor sehingga klien kami bisa fokus pada pada bisnisnya,” Dewi menambahkan.

Jelang dua tahun kehadiran Regus di Makassar, Dewi berharap semakin banyak pengusaha lokal yang dapat menggunakan jasa Regus. Saat ini perbandingan antara klien dari luar dengan dalam kota Makassar masih 70 persen berbanding 30 persen.

Selain karena kehadirannya di Makassar belum sampai dua tahun, proses edukasi layanan sewa kantor dan coworking space terus dilakukan Regus Makassar. Dewi berharap di tahun 2017 perbandingan klien dari dalam dan luar Makassar bisa imbang 50-50 seiring dengan proses edukasi yang terus berlangsung.

Lewat edukasi itu, manajemen Regus berharap semakin banyak pengusaha lokal dapat memahami efisiensi biaya yang mereka dapat dengan menggunakan layanan sewa kantor Regus.

“Motto kami Growing with Regus. Kami berharap klien kami dapat bertumbuh seiring dengan kebersamaan mereka bersama kami,” pungkas Dewi.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan sewa kantor Regus Makassar, anda bisa datang ke Graha Pena Lantai 5, Jalan Urip Sumoharjo No.20 atau menelepon ke (0411) 366 2100. Anda juga bisa menghubungi email hazanah.dewi@regus.com .

Baca juga : 

12 Alasan menyewa ruang kantor di Regus

Menjadi Seorang Blogger Profesional

 

Iklan