Yermia Riezky

Content Writer in Makassar

Portfolio Tulisan

Invasi Kerajaan Kek Pisang

Hingga pertengahan dekade 2000-an masyarakat luar Batam hanya mengenal barang elektronik murah sebagai bingkisan dari daerah ini. Kalaupun ada dalam bentuk makanan, hanya kacang campur atau panganan lain yang diimpor dari Malaysia dan Singapura. Belum ada yang asli produksi Batam.

Dikeruk Belanda Ditambang Jepang (PDF)

Raja Ali Haji, Peletak Dasar Tata Bahasa Melayu

Jika Anda mencari tahu siapa Raja Ali Haji, banyaklah julukan yang akan ditemukan. Ia adalah ulama, ahli sejarah, pujangga, penyair, dan Bapak Bahasa Indonesia yang mendapat gelar pahlawan Nasional 10 November tahun 2004 lalu. Namun sampai manakah orang Indonesia mengingat tokoh yang sudah wafat ratusan tahun silam ini?

Jejak Tionghoa di Batam

Meski masih dibayangi kecurigaan, pembauran antara warga Tionghoa di Batam dengan etnis lain, berlangsung mulus. Tak ada konflik berarti. Ada tokoh Tionghoa yang dapat gelar adat Melayu. Puluhan lainnya terjun ke politik.

Membuka Kontrak ATB (PDF)

Dalam Cengkraman Sindikat Trafficking

Setiap hari lebih dari 150 orang korban perdagangan manusia diselundupkan ke luar negeri melalui Batam. Selain sebagai tempat transit, Batam kini juga jadi daerah tujuan. Mereka dijebak untuk dijadikan pekerja seks komersial.

Akal – Akalan Tender Alkes (PDF)

Merawat Sumber Air Batam

Air waduk Duriangkang sangat vital bagi Batam. Ia melayani 78 persen kebutuhan air bersih penduduk. Namun, tidak mudah mempertahankannya tetap lestari. Polusi dan limbah mengancam.

Batam Bermula Dari Bata

Batam pernah berjaya lewat batu bata milik Raja Ali Kelana. Sempat tenggelam, industri itu kini bergerak di tangan para perantau asal Demak.

Turun Kasta Di Mata PMA (PDF)

Gas Rumah Tangga Kenapa Lama? (PDF)

Midai dan Jejak Al Ahmadi

Pulau Midai di Natuna adalah tempat lahirnya serikat dagang tertua milik pribumi di Indonesia. Di pulau kecil ini beredar uang ratusan miliar rupiah per tahun.

Menanti Merdeka Di Udara

Ruang udara Indonesia di wilayah Kepri masih berada dalam kendali Singapura hingga 2024. Dampaknya, biaya operasional maskapai lokal membengkak karena harus mengubah jalur. Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan proses pengambilalihan.

Berebut Alokasi Frekuensi

Penentuan alokasi frekuensi radio di Batam harus melalui kesepakatan tiga negara. Tak jarang, rebutan frekuensi terjadi.

Batam Makin Seram (PDF)

Berjuang Melawan Label Kutukan : Kisah Aktivis Penanggulangan HIV/AIDS di Batam

Ada 500 penderita HIV baru setiap tahun di Batam. Label buruk dan perlakuan diskriminatif yang diberikan pada mereka, membuat hidup penderita makin sulit. Sekelompok pegiat membantu mereka menghadapi perubahan hidup.

HUD Magazine April 2015

Sebagai beranda Republik Indonesia, Kota Batam berfungsi sebagai etalase yang menampilkan citra negara pada negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Namun, sejumlah persoalan membuat kota industri ini bergulat dengan pemenuhan kebutuhan dasar warganya. Padahal, era Masyarakat Ekonomi Asean semakin mendekat. Apa yang perlu dibenahi Batam? (Baca Artikel)

Iklan
%d blogger menyukai ini: